Kamis, 22 Mei 2008

Turki Taklukkan Slovakia

detail
Istanbul-Timnas Turki menjalani persiapannya berlaga di Euro 2008 dengan gemilang. Kemarin, tim asuhan Fatih Terim tersebut sukses menaklukkan Slovakia dengan skor tipis 1-0, di laga persahabatan.

Meski tidak diperkuat enam pemain pilarnya, termasuk striker Villareal Nihat Kahveci, namun Turki tetap mampu menunjukkan kapasitasnya. Hal ini ditegaskan, lewat satu-satunya gol yang dilesakkan bek Hakan Balta.

Dalam laga yang digelar di Turki ini, Terim mengawali laga di babak pertama dengan menurunkan pemain lapis kedua. Terim mempercayakan striker Sochaux, Mevlut Edrinc serta kiper veteran Rustu Recber sebagai starter dalam laga tersebut.

Namun, strategi yang di usung pelatih yang sempat membesut AC Milan ini tidak berjalan dengan lancer. Hasilnya, hingga babak pertama usai skor kacamata alias 0-0 tak juga berubah. Demikian seperti diberitakan Goal, Rabu (21/5/2008).

Dengan keadaan ini, Terim langsung melakukaan perubahan dengan memasukkan beberapa pemain senior seperti Emre Belozoglu, Sabri Sarioglu, serta Gokdeniz Karadeniz. Masuknya ketiga pemain ini sontak membuat Turki makin mendominasi jalannya pertandingan.

Setelah bermain kacamata sekira satu jam, Turki akhirnya bisa memecah kebuntuan lewat gol yang dicetak Hakan Balta. Bek Galatasaray ini sukses membuat publik tuan rumah bersorak lewat sepakan keras kaki kirinya. Gol ini merupakan satu-satunya yang tercipta di laga ini.

Sedangkan Slovakia hanya mampu menciptakan beberapa peluang tanpa mampu mengkorversinya menjadi gol. Hal ini terasa wajar. Salah satu peluang terbaik yang dimiliki Slovakia terjadi, ketika salah satu pemain Turki melakukan hand Ball. Sayangnya, wasit tidak melihat kejadian tersebut.

Dalam babak penyisihan grup di Euro, Turki tergabung di grup A bersama tuan rumah Swiss, semi finalis Euro 2004 Rep. Ceska, serta finalis Euro 2004, Portugal. Turki akan menjalani laga pembuka kala menghadapi Portugal di Jenewa, 7 Juni.

Tidak ada komentar: